Home » » CARA MEMASANG SENAR PADA GITAR ELEKTRIK UP-DOWN

CARA MEMASANG SENAR PADA GITAR ELEKTRIK UP-DOWN

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Thursday, January 10, 2013 | 5:00 AM


Memasang senar pada sebuah gitar tidaklah sulit apabila mengetahui cara-caranya, mungkin diantara pembaca banyak yang sudah mengetahui cara memasang senar untuk gitar akustik ataupun untuk gitar elektrik, tetapi untuk pemasangan senar pada gitar elektrik updown masih banyak yang kurang faham.

Untuk memasang senar pada gitar updown hanya membutuhkan kunci "L" untuk memutar baud yang menjepit senar di tremolo, untuk lebih jelasnya mengenai cara memasang senar paga gitar listrik silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 
  1. Lepaskan nut yaitu plat pengunci senar yang terletak diantara kepala gitar(head stok) dan ujung stang gitar, caranya dengan melonggarkan baud "L" sampai terlepas beserta plat logam pengunci senar.
  2. Untuk membuka celah tempat masuknya senar  longgarkan baud "L" yang terletak pada bridge(Pengikat / penahan senar ke badan gitar) yang letaknya paling belakang.
  3. Masukkan ujung  senar yang tidak bercincin ke dalam celah yang sudah terbuka kira-kira 1cm sampai senar mentok masuk ke dalamnya, kencangkan kembali baud "L" pada bridge agar celah tempat masuknya senar kembali tertutup dan menjepit senar yang telah dimasukkan
  4. Urutkan senar yang ujungnya telah terpasang pada bridge sampai bertemu ujung yang bercincin , buanglah cincinnya dengan memotong senar kira-kira 1cm dari cincin.
  5. Bentangkan senar sepanjang setang sampai dekat ke tuner post(kepala pemutar senar tempat melilitnya senar) lalu lilitkan ujung senar yang telah dibuang cincinnya ke tuner post.
  6. Saat melilitkan senar ke tuner post perlu diperhatikan arah putaran tuner postnya agar saat menyetem senar tidak salah putar, untuk mengetahui putaran tuner post adalah dengan cara: sebelum melilitkan senar ke tuner post putarlah tuner(pemutar tuner post) seolah-olah sedang mengencangkan senar, perhatikan arah putaran tuner post, bila berputar ke arah kiri maka untuk memasang senar pada tuner postnya dililitkan ke arah kiri.
  7. Setelah senar dililitkan beberapa putaran di tuner post masukkan ujung sisa senar yang tidak melilit ke dalam lubang tuner post.
  8. Pasanglah kembali nut/pengunci senar beserta baud-baudnya kemudian kencangkan baud "L"nya sampai nut terpasang longgar ke stang, pemasangan baud "L" pada nut secara longgar dimaksudkan untuk memudahkan saat penyeteman senar .
  9. Bila semua senar telah terpasang dengan rapi mulailah menyetem/tuning senar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang senar pada gitar updown:
  • Hindari memutar terlalu banyak putaran baud L yang berfungsi menjepit senar di tremolo karena akan melepaskan penjepit senarnya yang berukuran kecil, karena ukurannya yang kecil maka penjepit ini akan sulit ditemuklan bila terjatuh, tanpa penggunaan penjepit kecil ini, maka senar gitar tidak akan bisa dipasang pada tremolo.
  • Untuk menghindari perbedaan suara sebaiknya gantilah senar pada gitar secara keseluruhan sehingga suara seluruh senar akan sama. Apabila terdapat sebagian senar yang berbeda maka suara yang dikeluarkanpun akan berbeda pula.
  • Agar senar gitar menjadi lebih awet maka lumurilah senar baru dengan menggunakan minyak sehingga terhindar dari karat ataupun putus.