Friday, November 30, 2012

Gitar adalah salah satu alat musik yang paling mudah terkena noda/kotoran karena hampir semua bagian luar alat ini bersentuhan langsung dengan manusia/pemain gitar oleh karena itu dalam perawatannya harus semua bagian diperhatikan.

Banyak Saya jumpai beberapa gitar yang terlihat kurang dirawat oleh pemiliknya, diantara kurangnya perawatan pada gitar akan terlihat langsung dari penampilan dan rasa ketika memainkan gitar, beberapa hal tersebut seperti:

  • Fret yang terlihat kotor dipenuhi oleh lemak bercampur debu hitam dari tetesan keringat jari pemakainya.
  • Badan gitar yang kusam dan kotor karena jarang dibersihkan.
  • Senar yang berkarat karena jarangnya di beri minyak sehingga dapat membahayakan jari tangan, jari tangan akan terluka bila memainkan senar gitar yang sudah berkarat.
  • Stang gitar yang bengkok atau melengkung karena salah dalam penyimpanan.
  • sabuk atau starp gitar yang kotor karena tidak pernah dicuci.
Keinginan atau semangat kita dalam bermain gitar akan berkurang atau bahkan tiba-tiba menghilang saat akan memainkan sebuah gitar yang kurang terawat seeprti yang dijelaskan di atas tadi, bagaimana permainan seorang gitaris akan maksimal bila melihat kondisi seperti itu.

Selain berdampak langsung terhadap gitaris maka gitar yang kurang terawatpun akan berdampak pada sebuah studio musik, pelanggan akan enggan atau malas untuk datang lagi ke studio kita bila kondisi alat musiknya kurang terawat, oleh sebab itulah bagi anda pemilik alat musik baik itu pribadi ataupun usaha rental band rawatlah gitar dengan baik dan secara berkala karena keuntungannya akan dirasakan oleh kita-kita juga.

Untuk menghindari hal-hal tersebut agar tidak terjedi pada gitar kesangan kita maka sebaiknya dirawat dengan cara- cara yang Saya jelaskan di bawah ini:


Cara merawat gitar elektrik 
  • Badan/body dan stang gitar, bersihkan dengan kain lembab yang mengandung sedikit shampo mobil/motor(yang tidak bersifat mengikis cat) lalu lalu dilap dengan kain lembut sampai kering.
  • Tuner senar dan Fret, bagian ini terdapat unsur logam dan kayu dan lapisan vernis yang mudah terkikis maka untuk membersihkannya tidak boleh dengan lap yang lembab. Cara membersihkannya cukup dengan kain kering dan lembut.
  • Senar, longgarkan semua senar lalu bersihkan satu persatu senar dengan lap yang mengandung sedikit minyak(misalnya dengan minyak kelapa/goreng yang bersih) ini berguna untuk mencegah senar dari karat, kemudian dilap pakai lap kering. jangan lupa untuk menyetem/tuning ulang senar. bila ada senar yang berkarat, fals atau hampir putus segeralah ganti dengan yang baru.
  • Cucilah Strap/sabuk gitar bila sudah terlihat kotor dan bau, siapkan strap cadangan sementara strap yang lain sedang dicuci. Rapikan strap jangan sampai melilit atau terlepas dari pengait gitar.
  • Rapikan juga kabel yang menuju efek dan speaker jangan sampai melilit atau kusut.
Category: articles

Wednesday, November 28, 2012

Kali ini Saya akan memberikan tips sederhana tentang cara menyambung kabel dengan solder, mungkin para pembaca banyak yang bertanya apa hubungannya studio dengan menyolder, tentu saja ada hubungannya karena hanpir kebanyakan perangkat alat musik terdapat rangkaian alat elektroniknya maka suatu keharusan apabila kita mengetahui tentang cara menolder.

Cara yang akan Saya bahas adalah tekhnik dasar yang perlu dikuasai oleh anda yang baru belajar elektronika atau anda pemilik alat musik yang ingin dapat memperbaiki alat musiknya sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara-caranya di bawaj ini:

Peralatan menyolder:

  • Solder
  • Timah gulung
  • Penjepit/pinset
  • Ampelas
  • lap kering
  • Tang yang bisa untuk memotong dan mengupas kabel
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik.


Tahapan Menyolder:

  1. Agar timah dapat menempel dengan sempurna pada ujung solder maka bersihkan ujung mata/paku solder dari kotoran .
  2. Masukkan steker solder ke stopkontak lalu tungggu beberapa saat sampai solder memanas
  3. Tempelkan timah ke ujung mata/paku solder untuk menguji apakah solder sudah panas atau belum, bila timah meleleh maka solder sudah siap untuk digunakan.
  4. Siapkan kedua ujung kabel yang akan disambung, kupaslah kedua ujung kabel itu sehingga terlihat bagian tembaga yang ada di dalamnya.
  5. Bila tembaga kabel berbentuk serabut maka pilinlah tembaga itu agar mudah untuk disolder.
  6. Tempelkan mata solder ke salah satu ujung kabel yang sudah dipilin lalu tempelkan timah ke tembaga kabel sampai meleleh dan menutupi seluruh permukaannya setelah itu lepaskan mata solder dan timah dari kabel, lakukan hal yang sama pada ujung kabel lain yang akan disambung.
  7. Tempelkan kedua ujung kabel yang telah diberi timah kemudian tempelkan mata solder ke salah satunya atau keduanya sampai semua timah yang menempel di masing-masing tembaga kabel meleleh dan menyatu lalu jauhkan mata solder dari kabel yang sudah disolder.
  8. Tahan kedua kabel jangan sampai berubah posisinya sampai timah mengeras.
  9. Bila perlu tutuplah sambungan kabel dengan isolasi untuk mencegah hubungan pendek.


Penyebab timah tidak mau menempel pada solder dan kabel

  • Solder belum panas betul.
  • Mata solder terhalang oleh kotoran, bersihkanlah dengan ampelas ketika solder dalam keadaan dingin kemudian dilap dengan kain kering.
  • Panas solder diserap oleh penampang kabel yang besar sehingga kabel dan solder tidak memiliki panas yang maksimal untuk melelehkan timah, bila hal ini terjadi cobalah ganti daya solder anda dengan yang lebih besar misalnya dari 30w ke 70w.
  • Kabel yang dditutupi oleh jamur atau teroksidasi dengan udara. bersihkanlah kabel dengan cara diampelas atau dikerik pakai Pisau cutter sampai tembaga kabel terlihat mengkilat.
  • Timah yang kualitasnya kurang baik.
Category: articles

Sunday, November 18, 2012

Seseorang yang sering berkecimpung di dunia elektronika tentu tidak terlepas dari kegiatan menyolder, karena hampir seluruh sambungan pada komponen elektronika menggunakan cara ini. Bagi kita yang memiliki hobi alat musik tentu saja akan terkait dengan kegiatan menyolder karena pada sebagian alat musik yang kita mainkan terdapat rangkaian alat elektronik yang suatu saat memerlukan perawatan ataupun perbaikan, hal itulah yang menyebabkan solder sangatlah penting untuk seorang pemilik alat musik.

Dengan memiliki solder maka kita tidak akan kesulitan bila suatu hari alat musik kita rusak pada perangkat alat elektroniknya, tetapi dengan berjalannya waktu maka sebuah solderpun akan mengalami kerusakan, penyebab dari kerusakan tersebut adalah karena faktor usia solder yang sudah lanjut atau seringnya solder terjatuh. untuk cara memperbaiki solder yang rusak marilah kita bahas bersama di bawah ini.

Kali ini yang akan Saya bahas adalah solder untuk alat elektronik yang umum digunakan. tahapan-tahapan memperbaikinya adalah:
  1. untuk dapat melihat bagian dalam solder nmaka kita harus membuka baud pada gagang solder, biasanya hanya terdapat dua atau satu buah baud saja, pisahkan badan solder sehingga menjadi dua bagian yaitu dengan cara mencongkel memakai obeng min sehingga gagang menjadi dua bagian,
  2. Setelah badan solder terbuka maka akan terlihat bagian-bagian solder yang ada di dalamnya seperti: kabel dan elemen, lepaskan kabel steker dari kabel elemen (biasanya kabel elemen berwarna putih, agak kaku dan tahan panas)
  3. untuk memastikan apakah kabel penghubungnya masih berfungsi atau tidak maka ukurlah masing-masing kabel steker memakai  AVO meter (R X 1kilo ohm), bila jarum AVO menunjukkan angka nol berarti kabel masih dalam keadaan baik/nyambung tetapi bila jarum AVO diam tidak bergerak berarti kabel tersebut putus, gantilah kabel yang rusak dengan yang baru.
  4. Selain kabel yang rusak, elemen pemanas solderpun bisa saja rusak, Cara pengukuran elemen sama dengan cara pengukuran pada kabel steker, pada elemen yang masih baik maka jarum AVO meter akan menunjuk pada angka 2 kilo ohm s/d 2,5 kilo ohm, sedangkan pada elemen yang sudah rusak maka jarum avo meter akan diam tidak bergerak.

Tips merawat solder 
  • Gunakanlah dudukan solder yang terbuat dari bahan tahan panas dan dapat melindungi solder agar tidak bersentuhan dengan bahan lain atau tubuh kita karena bagian solder yang panas dapat melelehkan benda yang terbuat dari bahan plastik serta akan berbahaya bila tersentuh dengan kulit kita.
  • siapkanlah pasta khusus(arpus) untuk menyolder agar memudahkan pada waktu proses penyolderan, selain itu dengan menggunakan pasta khusus maka mata solder akan lebih awet.
  • bersihkanlah ujung solder yang kotor sehabis digunakan dengan menggunakan kain basah yang diusapkan secara cepat pada ujung solder ketika masih panas, dengan cara ini maka ujung solder akan selalu terjaga kebersihannya sehingga akan selalu siap ketika akan digunakan kembali. Pada waktu membersihkan usahakan dengan gerakan cepat karena bila kurang cepat maka bukannya menjadi bersih melainkan akan menambah kotor karena kain akan terbakar oleh solder yang panas.
  • Setelah pemakaian letakkanlah solder di tempat yang aman agar terhindar dari terinjak atau bersentuhan dengan kulit kita, bila solder telah dingin rapihkanlah kabel penghubungnya lalu simpan di tempat yang aman.
  • Hindarkan solder dari terjatuh atau terbentur benda keras karena akan mengakibatkan putusnya elemen pemanas yang ada di dalam solder,
  • gunakanlah ujung solder yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak dapat habis oleh panas dan timah.
Category: articles
Pada kesempatan ini Saya akan berbagi tentang cara memperbaiki gitar listrik, beberapa kerusakan yang akan saya coba jelaskan di sini adalah kerusakan gitar yang berhubungan dengan komponen elektroniknya yang mempengaruhi suara yang akan dikeluarkan oleh speaker.

Perbaikan pada gitar elektrik ini saya dapatkan dari hasil pengalaman pribadi dan dibantu dengan sedikit pengetahuan tentang elektronika. Apabila kita mau belajar dan menyempatkan waktu sedikit saja maka tidaklah terlalu sulit untuk mengatasi beberapa kerusakan yang sering dialami oleh jenis gitar ini.


Beberapa kerusakan gitar elektrik dan cara memperbaikinya:

Sakler atau switch, 
Komponen ini berfungsi untuk memindahkan posisi spull yang kita gunakan saat bermain gitar, dengan memindahkan posisi saklar pada posisi tertentu maka akan dihasilkan suara yang berbeda-beda, cara kerjanya adalah memindahkan jalur dari satu spull/pickup ke spull yang lainnya, ada pula beberapa penggabungan spull. beberapa kerusakan yang sering terjadi pada saklar gitar diantaranya adalah tidak keluarnya suara pada posisi saklar tertentu atau suara yang kadang-kadang keluar dan kadang-kadang tidak keluar, keluhan seperti itu disebabkan oleh adanya karat atau kotoran yang melekat pada komponen mekanis yang ada di dalam saklar atau memang plat tembaga yang berada di dalam saklar sudah patah.

Cara mengatasinya: 

  1. cobalah lepaskan saklar dari badan gitar dengan cara membuka penutup yang ada pada bagian belakang gitar, pada beberapa merek lain cara melepaskan saklar dari badan gitar adalah dengan bembuka baud yang langsung berhubungan dengan saklar,
  2. Setelah saklar terpisahkan  cobalah tetesi saklar dengan minyak goreng yang bersih atau gunakan 4lk0hol dan usahakan minyak atau 4lk0h0l tersebut meresap ke dalam komponen mekanis saklar kemudian coba rubah posisi saklar agar cairan minyak atau 4lk0hol menyebar ke komponen yang ada di dalam saklar.
  3. Apabila dengan cara di atas ternyata saklar masih tidak dapat berfungsi dengan sempurna maka saklar tersebut harus diganti baru, cara menggantinya adalah dengan melepaskan seluruh kabel yang menempel pada kaki-kaki saklar, lalu pasang saklar baru seperti sebelumnya. apabila anda masih awam tentang perkabelan saklar ini maka setelah tandailah setiap kabel yang terlepas dari kaki-kaki potensio untuk memudahkan pemasangan saklar baru.

Soket atau konektor jack gitar
Komponen ini sering sekali rusak karena sering terbawa oleh gerakan sang gitaris, selain itu seringnya memasukkan dan mengeluarkan jack gitar akan membuat konektor ini mengalami kerusakan. Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada soket ini diantaranya adalah tidak keluarnya suara gitar ke speaker, hal ini diakibatkan oleh tidak terkoneksinya plat output pada soket ke ujung jack kabel gitar. atau munculnya suara brisik yang keluar dari speaker.

Cara mengatasi:
lepaskanlah konektor jack dari badan gitar dengan cara melepaskan kedua baudnya, lihatlah kondisi fisik dari soket ini, apabila terlihat wajar maka bersihkanlah dari karat atau kotoran dengan memakai ampelas plat yang seharusnya menempel dengan jack, bila plat tersebut terlihat renggang dan tidak dapat penempel pada jack maka tekuklah plat tersebut agar dapat menempel kuat pada jack gitar.

Apabila keluhan masih tetap ada maka gantilah soket ini dengan yang baru, perhatikan jangan sampai pemasangan kabelnya jangan sampai terbalik, karena bila salah dalam memasang kabel soket maka saat kita menyentuh senar gitar maka speaker akan mengeluarkan suara yang berisaik karena bagian input bersentuhan dengan kulit kita.

Volume
Volume pada gitar listrik sering mengalami kerusakan karena komponen ini paling sering diputar-putar oleh gitaris, keluhan yang sering muncul adalah
-tidak keluarnya suara gitar ke speaker
-suara gitar kadang-kadang membesar dan mengecil sendiri
-tiba-tiba suara gitar menghilang dari speaker dan keluar lagi setelah potensio volume diputar lagi.

Cara memperbaikinya hampir mirip dengan cara yang dilakukan pada saklar gitar yaitu dengan menetesi dengan menggunakan minyak bersih atau 4lk0h0l, sebelumnya buka dulu dudukan potensio kemudian tetesi bagian potensio volume yang terdapat tiga buah kakai sampai minyak dapat meresap ke dalam komponen mekanis yang ada di dalam potensio volume ini sambil diputar-putar ke kiri dan ke kanan. Apabila keluhan tetap muncul maka tiada cara lain selain menggantinya dengan potensio yang baru, cara pemasangannya tirulah seperti semula.

Demikianlah cara sederhana memperbaiki kerusakan pada gitar elektrik, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.
Category: articles

Saturday, November 17, 2012

Menempatkan satu set drum di dalam ruangan studio musik kadang-kadang perlu penanganan yang khusus karena alat musik ini memerlukan area yang agak luas dibandingkan dengan alat musik atau speaker. ukuran yang agak luas juga suara yang dihasilkan cukup keras, tanpa memnggunakan speakerpun alat ini dapat langsung terdengar nyaring, oleh sebab itulah ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar semua kendala seperti itu dapat teratasi.

Untuk penempatannya bebas saja selama fungsi dari drum tetap ada, misalnya suara drum dapat terdengar ke seluruh ruangan tanpa mengganggu suara alat musik lainnya. untuk penempatan nya ada tiga area yang umumnya dapat digunakan untuk meletakkan drum ini yaitu:

  1. Sudut ruangan, Cara ini banyak dilakukan oleh studio rental ataupun studio rekaman karena Dengan meletakkan di sudut ruangan maka tidak akan memakai banyak tempat, selain itu suarapun dapat terdengar ke seluruh area. kekurangan dari cara ini adalah posisi drumer yang agak menyerong membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi dengan pemain lain tetapi hal ini tidak terlalu menjadi soal karena hal ini dapat diatasi dengan menempetkan kursi untuk drumer yang dapat berputar.
  2. Sejajar dengan dinding, dengan cara ini maka area tempat meletakkan perangkat drum akan lebih lega karena dapat menempatkan peralatannya ke pinggir ataupun ke depan, penglihatan drumerpun akan lebih leluasa, kekurangan cara ini adalah ruangan akan terasa sempit sehingga gerakan pemain lain akan terbatas.
  3. Di tengah tengah ruangan, cara ini dapat dilakukan untuk ruangan yang cukup luas karena apabila dilakukan pada ruangan yang agak kecil maka akan menambah sempit ruangan karena para pemain lain akan terbatas ruang geraknya, selaijn itu akan menghalangi pandangan dengan para pemain lainnya. mendan posisi ini maka ruangan akan terlihat menjadi lebih hidup karena seluruh pemain akan dapat saling melihat aksi personilnya secara langsung.

Drum adalah alat musik yang bisa mengeluarkan suara tanpa bantuan pengeras suara (speaker) karena suaranya yang keras, maka penempatannyapun bisa di mana saja sesuai selera pemiliknya, ada yang memasang di sudut,tengah atau dekat ke salah satu dinding ruangan. Di manapun letaknya yang penting suara dan letaknya nyaman untuk seluruh personil band dan tidak membuat sempit studio.


Cara mengatasi suara alat musik yang sering tidak terdengar oleh pemain drum.

  • tempatkan speaker control dekat pemain drum dengan posisi miring menghadap ke badan drumer, penempatannya boleh di pinggir ataupun di depan drum, usahakan suara alat musik lain dan vokal keluar dari speaker tersebut, dengan cara ini maka seorang pemain drum tidak akan kesulitan untuk  mendengar suara alat musik lain. Suara yang dikeluarkan speaker ini adalah hasil dari output mixer setelah mendapai masukan dari seluruh alat musik
  • letakkan seluruh speaker dari alat lain seperti speaker gitar, speaker bass, dan speaker vokal menghadap/megarah ke pemain drum, dengan cara ini maka suara dari masing-masing alat musik seperti dikirimkan langsung ke pemain drum, cara ini dilakukan apabila di dalam studio tidak memiliki speaker kontrol. 
  • Letakkan beberapa speaker alat musik dekat dengan pemain drum, cara ini dilakukan apabila cara yang kedua tidak mungkin dilakukan karena suatu alasan, speaker yang dapat diletakkan dekat dengan pemain drum adalah speaker gitar atau speaker bass, dengan cara ini maka seorang pemain drum seperti diiringi oleh pemain lainnya, untuk cara ini cobalah bereksperimen dengan beberapa  posisi, mintalah masukkan dari grup band yang main sampai letak speaker pas dengan keinginan drumer.

Panggung kecil untuk drum set

Buatlah sebuah panggung keci dengan ketinggian 20cm yang di bawahnya dilapisi dengan karet tebal, bahan pembuatnya dapat menggunakan kayu ataupun tripbloks, lapisilah bagian atasnya dengan karpet, dengan membuat panggung kecil untuk drum maka getaran drum ke lantai akan berkurang, selain itu akan menambah  keindahan di dalam ruangan karena terlihat seperti panggung sungguhan yang hal ini tentu saja dapat menambah betah personil band.


Category: articles
Fret Bass elektrik yang digunakan lama-lama akan mengalami penipisan karena bergesekan dengan senar, gesekan senar tersebut akan mengikis lapisan logam fret sehingga fret menjadi cekung, pengaruh dari fret yang sudah tipis atau cekung tersebut dapat mengakibatkan tergangguna seorang bassist pada saat memainkan bass listriknya.

Dampak yang diakibatkan oleh tipisnya fret adalah suara senar menjadi kecil karena setelah senar dipetik maka getarannya akan diredam oleh fret yang berada setelahnya karena fret sebelumnya cekung, hal ini tentu saja sangan menggangu pemainnya karena seorang pemain alat musik menginginkan suara alat musiknya terdenganr jelas oleh dirinya dan orang lain.

Untuk mengatasi fret bass yang sudah menipis maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti fret yang sudah tipis tersebut denga yang baru, tahapan untuk menggantinya adalah dengan cara:
  1. Untuk memudahkan proses penggantian fret maka hal utama untuk dikerjakan terlebih dahulu adalah melepaskan seluruh senar, caranya adalah dengan melonggarkan penala yang ada di bagian kepala  bass kemudian setelah senar menjadi longgar lepaskanlah senar dari tremolonya. 
  2. Periksalah seluruh fret yang ada, tandai beberapa fret yang sudah tipis kemudian cabut fret yang telah ditandai tersebut dengan mencongkelnya menggunakan obeng minus yang kecil, congkellah dengan hati-hati jangan sampai bagian kayunya tergores, ingatlah bahwa kita hanya akan melepaskan fret dari stang gitar.
  3. Setelah fret terlepas dari stang maka lihatlah bagian bekas fret tersebut, biasanya tempat tersebut terdapat bekas lem, bersihkanlah lem dan bekas kotoran yang menempel sampai bersih, ini berguna untuk memudahkan memasang fret baru.
  4.  Setelah tempat bekas fret sudah benar benar bersih oleskanlah lem kayu pada tempat fret tersebut dari ujung keujung sangan sampai terlewat.
  5. tempatkan fret baru yang ukurannya telah disesuaikan dengan panjang fret sebelumnya, tempatkan dengan pas lalu tekan sampai bagian bawah fret benar-benar masuk ke dalam .
  6. Apabila dengan cara ditekan fret sulit untuk masuk ke tempatnya maka gunakanlah kayu untuk menekannya sampai fret benar-benar terpasang rata.
  7. Agar fret menempel dengan kuat pada stang bass maka diamkanlah dalam posisi seeprti itu selama seharian agar lem kayu benar-benar kering. 
  8. Setelah fret menempel dengan sempurna maka untuk membuat fret terlihat menyatu dengan gitar maka caranya adalah dengan mengikir bagian kedua ujung fret yang tajam dan melebihi stang bass. Bila bagian yang tajam tidak dikikir maka akan melukai tangan saat memainkan bass.
  9. Ratakan ketinggian fret memakai ampelas/kikir sedikit-sedikit dan hati-hati sampai seluruh fret tingginya sama. Untuk mengetahui rata tidaknya seluruh fret maka bentangkanlah seutas senar bas di atas fret sepanjang stang dengan begitu akan terlihat fret yang mana yang tidak rata.
Demikianlah post dari Saya tentang cara menggantin fret bass, semoga ada manfaatnya bagi anda yang ingin memperbaiki bassnya sendiri.
Category: articles

Thursday, November 15, 2012

Menyolder adalah suatu kegiatan yang bukan dimiliki oleh para tukang servis atai reparasi elektronik saja, seseorang yang bergelut dibidang alat musikpun mesti mengetahuinya karena beberapa bagiandari alat musik ataupun soundsystem pendukung terbuat dari alat elektronik, dengan mengetahui cara menyolder yang benar maka kita tidak akan kesulitan dalam memperbaiki kerusakan sederhan yang terjadi pada alat musik kita, misalkan saja suatu saat kabel jack gitar putus maka kita harus menyoldernya.

Cara-cara yang akan Saya terangkan di bawah adalah tekhnik yang sangat dasar dan sederhana yang semua orang pasti akn bias melakukannya selama ada kemauan, selain itu tulisan Saya ini khusus gabi anda yang ingin belajar cara menyolder ataupun ingin menembah ilmu dalam bidang penyolderan. Perlu diperhatikan bahwa yang akan Saya jelaskan adalah cara mengubungkan/menyambung dua buah kabel dengan timah..Untuk lebih jelasnya silahkan diikuti cara-caranya di bawah ini:


Peralatan: 
  • solder listrik minimal 30w
  • tang yang mampu mengupas dan pemotong kabel
  • timah gulung
  • kabel pendek. 

Tahap-tahap menyolder:
  1. Siapkan solder lalu letakkan ujungnya di atas bantalan yang tahan terhadap panas kemudian hubungkan stekernya ke stopkontak listrik.
  2. Ambil seutas kabel kemudian kupas kulitnya sehingga terlihat kawat yang ada di dalamnya.
  3. Apabila yang dipakai adalah kabel serabut maka Untuk memudahkan dalam proses penyolderan pilinlah kabel serabut sampai menyatu dengan rapih.
  4. Apabila ujung solder telah panas maka  tempelkan timah ke ujung solder sampai ada timah yang nempel,
  5. Tempelkan ujung solder dan timah(bersamaan) ke salah satu ujung tembaga kabel sampai timah menutupi kabel (lakukan pada ujung kabel yang lain)
  6. Tempelkan keduan ujung kabel yang telah diberi timah kemudian panasi dengan solder, tunggu beberaoa saat sampai timah yang ada pada masing-masing kabel meleleh dan menyatu, bila timah telah benar-benar meleleh dan menyatukan kedua ujung kabel maka lepaskan ujung solder.
Demikinlah tekhnik sederhana tentang cara menyolder. semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Category: articles

Wednesday, November 14, 2012

Kabel gitar ataupun bass elektrik adalah jenis kabel yang terdiri dari seutas kabel audio dengan dua buah jack di masing-masing kedua ujungnya. kabel yang digunakan adalah jenis kabel khusus yang mampu meneruskan sinyal audio yang lemah dari alat ke efek ataupun ke tone, kabel ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam yang merupakan input/output (hot) dan bagian luar yang terdiri dari kabel serabut yang dianyam menyelimuti kabel "hot".

Mungkin para gitaris atau sebagian orang akan memilih membeli kabel gitar atau kabel bass ke toko dengan alasan praktis tanpa harus menyolder sana-sini, tetapi bagi sebagian orang yang ingin memiliki kabel buatan sendiri mungkin ini menjadi tantangan tersendiri.

Untuk membuat kabel gitar atau pun kabel bass tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu menyolder beberapa titik antara kabel dengan jack, untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat kabel bitar atau kabel bass sendiri silahkan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini:


Peralatan yang dibutuhkan:
  • solder,
  • timah gulung,
  • tang monyong kombinasi,
  • kabel audio mono,
  • 2 buah jack mono 1/4". 
titik penyolderan kabel jack gitar atau bass

  1. Ukurlah panjang kabel sesuai dengan kebutuhan, ukuran yang umum digunakan para gitaris adalah: 3,5m dan  4m.
  2. Kupaslah kulit terluar pada ujung kabel sampai terlihat bagian kabel anyaman serabut dan kabel tengah, 
  3. Bukalah anyaman kabel yang membungkus kabel inti kemudian pilinlah ke arah sisi terluar kabel lalu beri timah pada ujungnya
  4. Masukkan secara berurutan komponen jack yaitu: selongsong jack-per-selang plastik ke kabel 
  5. Tempelkan kabel serabut yang sudah dipilin dan diberi timah (poin3) pada plat jack yang berukuran paling besar (terletak paling luar) lalu panaskan dengan solder dan diberi timah, diamkan sejenak solder menempel pada kabel tersebut sampai timah meleleh dan menempelkan kabel dengan plat, setelah itu baru ujung solder dapat dicabut.
  6. kupas kulit kabel yang terletak di tengah hingga terlihat kabel yang ada di dalamnya kemudian berilah timah.
  7. Tempelkan kabel yang telah diberi timah tersebut pada plat kecil yang ada pada jack kemudian panaskan dengan solder sampai kabel dan plat menyetu.
  8. Apabila kedua kabel telah menempel pada plat jack maka tahapan selanjutnya adalah mengencangkan plat penjepit yang bersatu dengan plat jack yang besar menggunakan tang monyong kombinasi agar menjepit kabel, jepitan ini berguna untuk menahan kabel dari terlepasnya solderan.
  9. Tahapan yang terakhir adalah memasukkan seluruh komponen yang pada poin4 telah dimasukkan ke kabel, masukkan seluruh komponen tadi secara berurutan ke dalam soket 1/4 dengan urutan: selang plastik-per-selongsong jack.
Tahapan-tahapan di atas adalah untuk satu buah jack sedangkan untuk pemasangan jack pada ujung yang satunya maka urutannya sama persisi seperti di atas, bila anda menggunakan kabel stereo untuk membuat kabel gitar atau kabel bass maka cara memasangnya adalah sama seperti di atas hanya saja satu buah kabel yang berada di tengah ditempelkan pada plat jack yang besar menyatu dengan solderan kabel serabut ( lihat gambar). Semoga cara yang Saya terangkan di atas dapat membantu bagi anda yang sedang kesulitan untuk menyolder kabel gitar sendiri, dengan mengetahui cara membuat kabel gitar dan basss maka kita dapat mengatasi bila suatu saat ada maasalah dengan kabel jack dan dapat memperbaikinya sendiri, kerusakan yang umum terjadi pada kabel jack adalah putus di tengah, terlepasnya solderan/patrian, patahnya komponen jack untuk memperbaiki kerusakan tersebut nanti akn Saya bahas paqda postingan selanjutnya.

Demikianlah post Saya kali ini semoga ada manfaatnya bagi anda. 
Category: articles

Sunday, November 11, 2012

Gambar Efek Digital
Gambar efek korg AX 1500G

Di kalangan gitaris tentu banyak yang mengenal efek yang bernama AX-1500 ini dari yang semipro sampai yang pro sekelas Azis Jambrud pernah menggunakan efek ini untuk aksi dipanggungnya. dengan badan yang terbuat dari plat logam warna silver, dilengkapi dengan pedal wah yang menakjubkan, dan banyaknya fitur efek yang membuat betah para gitaris membuat efek ini semakin digemari..

Dengan beberapa kelebihan tersebut maka "DINUR MUSIC STUDIO" pun menggunakannya sebagai koleksi efeknya untuk dipakai oleh para pengunjung studionya, seperti umumnya jenis efek digital kita tidak dapat langsung memakainya, meskipun dari pabriknya suadah diberikan beberapa setingan efek tetapi hal tersebut jauh sekali dengan setingan yang umumnya diinginkan oleh para gitaris, oleh karena itu diperlukan waktu untuk menyeting efek dan menyimpannya pada media penyimpanannya, sebelum efek digunakan Saya beserta beberapa pemain gitar berdiskusi jenis efek apa saja yang umum digunakan kemudian Saya akan menyetinggnya dan langsung didengarkan oleh para gitaris tersebut, dengan kesabaran dan ketelitian akhirnya semua media penyimpananpun dapat diisi oleh jenis efek yang pas.

Pada awalnya efek ini dapat bekerja dengan baik, setiap gitaris yang memakainya terkagum-kagum dengan kedahsiatan suara yang dikeluarkannya, tapi setelah melewati waktu maka kerja dari efek ini mulai berkurang satu persatu yang akhirnya mengganggu pemakainya.


Beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada efek korg AX-1500 dan cara mengatasinya:

Setingan yang berubah-ubah sendiri pada saat efek digunakan, sehingga suara yang dikeluarkanpun berubah-ubah pula sesuai tampilan pada layar LCD.
Hal seperti ini sering terjadi pada efek yang sering digunakan meskipun setingan yang telah disimpan tidak akan hilang/berubah, apalagi kalau efek sering dipakai untuk studio latihan, kerusakan ini diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu: Potensio analog yang berjumlah 4 buah dengan pemutar bulat terbuat dari bahan karet kotor oleh karat, komponen di dalam rangkaian PCB dipenuhi debu dan serbuk logam atau gram yang dihasilkan oleh gesekan antara jack gitar dan soket efek. untuk mengatasinya maka bersihkanlah PCB dari bubuk gram dengan kuas atau disemprot dengan angin dari kompresor agar rangkaian PCB bersih dari kotoran dan serbuk gram, jangan lupa untuk menyemprot soket "in" dan soket "out". Untuk mengatasi karat pada potensionya, tetesilah potensio dengan minyak bersih(minyak goreng) atau pembersih karat, usahakan minyak dapat meresap ke dalam komponen yang ada dalam potensio sehingga kotor dan karat dapat hilang setelah itu putar-putarlah potensio ke kiridan ke kanan.

Tombol pemilih tidak dapat berfungsi
Tombol pemilih yang biasanya digunakan dengan cara diinjak saat main akan tidak berfungsi karena tombol yang ada di dalamnya mengalami kerusakan, hal ini disebabkan karena tekanan yang terlalu kuat yang diakibatkan oleh injakan kaki pemain. untuk memperbaikinya gantilah saklar yang ada di dalam efek dengan membuka seluruh baud yang terletak di bagian bawah efek. cabut dan gantilah saklar yang rusak dengan yang baru. bentuk dan kaki komponen ini sangat kecil oleh karena itu berhati-hatilah dalam membongkar dan memasang kembali, usahakan jangan terlalu lama menempelkan mata solder karena kemungkinan kaki komponen ini akan terlepas.

Setingan efek tidak dapat disimpan(save)
Kerusakan seperti ini mirip dengan kerusakan yang terjadi pada tombol pemilih, hanya saja dalam hal ini yang rusak adalah saklar yang berhubungan dengan tombol penyimpanan yang letaknya berdekatan dengan LCD, bukalah baud efek kemudian ganti saklar tersebut dengan yang baru.

Suara gitar tidak dapat masuk ke dalam efek
Sebenarnya gejala seperti ini banyak sekali faktor penyebabnya dari mulai gitar, kabel jack, sampai jack. Tetapi untuk saat ini Saya anggap semua itu dalam keadaan baik jadi yang akan di bahas hanya efeknya saja. Komponen efek yang terhubung pertama kali dengan jack gtar adalah soket 1/4 yang bertuliskan "in", oleh sebab itu hal yang pertama kali di periksa adalah soket ini, bila suara gitar tidak dapat masuk ke efek cobalah menggoyang-goyang jack gitar bila sura gitar sesekali keluar maka kemungkinan soket pada efeklah yang menjadi masalahnya, bukalah efek lalu perhatikan sistim mekanis dari soket tersebut bila ada plat yang kurang menempel pada jack maka perbaikilah, bila soket sudah dalam kondisi rusak parah maka gantilah soket tersebut dengan yang baru.

Suara gitar dapat masuk ke dalam efek tapi tidak dapat keluar dari speaker.
kerusakan seperti ini sama seperti kerusakan pada "Suara gitar tidak dapat masuk ke dalam efek", bedanya terletak pada komponen yang rusak. untuk kerusakan seprti ini yang rusak adalah soket (out) yang berfungsi menghubungkan efek dengan speaker. Untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti soket tersebut dengan yang baru.
Category: articles

Saturday, November 10, 2012

Pemakaian gitar yang sering dan dalam jengka waktu lama akan membuat beberapa komponen gitar elektrik mengalami penurunan kualitas, hal ini wajar saja karena yang namanya alat bila sering dipakai akan seeprti itu. 

Banyak bagian gitar yang sering mengalami berkurangnya kualitas tersebut, diantaranya adalah Fret yang menipis, Fret gitar yang menipis diakibatkan oleh gesekan antara senar dengan logam fret tersebut pada saat senar sedang dimainkan, karena seringnya bergesekan maka lama-kelamaan fret tersebut akan menipis.

Beberapa hal yang dapat dijadikan pertanda kalau fret gitar sudah mengalami penipisan adalah sebagai berikut:
  • suara senar pada letak fret tertentu tidak keluar bahkan tidak dapat bergetar sama sekali, hal ini diakibatkan karena getaran senar yang dipetik dan ditekan pada suatu fret yang sudah menipis akan tertahan oleh fret yang berada di bagian dalam.
  • saat memainkan kunci/acord gitar maka suaranya menjadi fals karena beberapa senar tidak berbunyi.
  • Saat memainkan melodi ada senar yang suaranya kecil.

Keadaan seperti dia atas tentu saja akan mengganggu permainan gitar seorang gitaris karena suara gitarnya menjadi tidak sempurna lagi, selain mengganggu pemain gitar ternyata fret yang sudah menipispun akn menggangu pendengaran pendengar yang lainya, oleh karena itu maka sebelum hal tersebut terjadi maka cepatlah perbaiki fret gitar dengan benar.Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengganti fret gitar maka silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini
  1. Untuk melepaskan stang gitar dari badan gitar maka kita harus melepaskan dahulu Ke-empat sekrup yang terletak di belakang badan gitar, sekrup inilah yang merekatkan stang gitar dengan badan gitar. Untuk melepaskannya gunakanlah obeng plus yang agak besar dengan pegangan yang mantap karena skrup tersebut sangatlah kuat menancap, setelah keempat sekrup terlepas maka pisahkan badan gitar dengan stang gitar.
  2. Biasanya tidak semua fret yang terpasang pada gitar menipis, jadi tandailah beberapa fret yang memang sudah benar-benar menipis, cabutlah beberapa fret yang memang benar-benar sudah menipis dan perlu diganti, cara melepaskan fret dari stang gitar adalah dengan mencongkelnya sedikit demi sedikit dengan menggunakan obeng minus berukuran kecil, awalilah mencongkel dari arah pinggiran stang bukan dari tengah. 
  3. bila seluruh fret yang tipis sudah terlepas maka tahapan selanjutnya adalah mengisi tempat bekas fret dengan lem kayu, sebelum memberi lem kayu sebaiknya periksa dulu bekas fret yang telah dicabut, karena mungkin saja ada sisa-sisa kotoran atau debu yang menempel di sana.
  4. Setelah lubang tempat fret dipenuhi lem kayu maka langkah selanjutnya adalah memasukkan fret-fret baru ke dalam tempat fret yang telah diberi lem kayu. masukkan satu persatu fret dengan hati-hati agar letaknya pas, kemudian tekan sampai masuk ke dalam lubang fret. agar seluruh fret tertanam dengan baik maka pukl-pkullah fret menggunakan kayu secara hati-hati. lalu diamkan fret tertanam minimal seharian agar lem kayu mengering dengan kuat. 
  5. Setelah lem mengering sekarang saatnya meratakan fret yang telah terpasang, untuk mengetahui apakah fret gitar yang telah terpasang terlihat rata maka kita harus mencobanya dahulu dengan membentangkan seutas tali yang ditarik lurus di atas fret dari ujung ke ujung, bila fret yang terpasang terlalu tinggi maka kita dapat menurunkannya kembakli fret tersebut dengan cara dikikir sedikit demi sedikit sampai seluruh fret tempak rata.
  6. Langkah yang terakhir adalah memasang stang ke badan gitar dengan memasang kembali keempat sekrup yang terlepas. lalu pasang kembali senar pada gitar.
  7. Bila masih ada fret yang tidak rata maka kikirlah lagi beberapa fret yang terlihat menonjol dari yang lain menggunakan kikir secara sedikit demi sedikit.
Category: articles

Friday, November 9, 2012

Tidak ada ketentuan yang baku dalam hal menggabungkan beberapa efek baik itu untuk efek digital ataupun untuk efek analog(stompbox), menggabungkan beberapa efek menjadi satu adalah cara seorang gitaris agar dapat mengekspresikan keinginannya dalam hal suara alat musiknya.

Beberapa gitaris banyak yang menggabungkan beberapa efek dengan tujuan agar suara lengkingan gitarnya sesuai dengan aliran musik yang diusungnya, sedangkan yang lain menginginkan suara gitarnya selaras dengan lagu yang dimainkannya. Meski sekarang ini banyak dijual efek digital yang mampu memiliki banyak jenis suara efek dengan variasi yang beragam tetapi masih banyak para gitarais yang lebih memilih efek stompbox sebagai pengatur suara gitarnya

Beberapa alasan mengapa para gitaris lebih memilih efek stompbox:
  • lebih mudah dioperasikan dan dapat diset dengan modah kapan saja dan semaunya, 
  • Suara yang dihasilkan lebih maksimal (power full)
Menggabungkan beberapa efek untuk permainan gitar listrik boleh saja asal tau caranya mungkin akan menghasilkan suara yang khas sesuai dengan keinginan Gitaris, beberapa gitaris menggunakan cara ini karena karakter dari satu jenis efek tidak terdapat pada pedal efek lainnya, atau mereka menginginkan karakter suara tabung dari stompbox. Cara yang sederhana untuk menggabungkan efek Digital & Stompbox adalah: Sebaiknya untuk efek digital yang dipakai adalah hanya Reverb, Delay, Modulasi seperti Chorus,Phasernya saja. Sedangkan Drive dan Distorsi sebaiknya dari efek Stompbox agar Soundnya lebih tebal.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menggabungkan beberapa efek:
  1. Efek digital dan analog yang sesuai dengan karakter musik.
  2. Papan untuk meletakkan efek (Pedal board)
  3. Adaptor yang dapat digunakan untuk beberapa efek secara bersamaan.
  4. Jack to jack ukuran pendek untuk menghubungkan beberapa efek pada pedal board
  5. Kabel jack gitar dua buah
  6. Gitar elektrik.
Di bawah ini akan Saya beri sebuah contoh sederhana cara penggabungan beberapa efek stompbox dengan digital.Apabila anda akan mencobanya silahkan asal sesuai dengan urutan yang benar:

Gitar>Tuner>Digital wah>Drive>Digital delay>Digital efek>Speaker

Keterangan:
  • Gitar: bisa menggunakan jenis gitar apa saja, tetapi Saya sarankan yang berkarakter musik rock
  • Tuner: bisa menggunakan tuner analog ataupun digital, salah satu tuner yang banyak dipasaran adalah Boss TU Chromatic tuner.
  • Digital wah, Pedal wah dapat dipasang ataupun tidak sesuai dengan selera kita.
  • Drive, Adalah jenis efek yang biasanya digunakan pada saat melodi dimainkan, jadi pilihlah jenis efek drive yang sesuai dengan karakter aliran musik, salah satu contohnya adalah produk dari boss yaitu metal zone.
  • Digital delay, bermanfaat saat menginginkan suara clean gitar, atau digabungkan dengan distorsi sehingga menambah mantap suara petikan senar gitar.
  • Digital efek, yang dimaksud adalah efek set yang memiliki banyak fitur, kita dapat mengambil beberapa fitur efek yang ada pada efek digital yang tidak ditemui pada jenis efek stompbox 
Mungkin sekian dulu posting sederhana dari Saya mengenai cara menggabungkan beberapa jenis efek antara efek stompbox dengan efek digital. Masih banyak cara ataupun tekhnik penggabungan efek ini, mungkin di lain kesempatan saya akan membahas cara penggabungan efek yang lebih spesifik lengkap dengan penjelasn cara setingnya.
Category: articles

Thursday, November 8, 2012

Membuat peredam suara untuk studio musik adalah hal yang harus dilakukan oleh pemiliknya karena hal tersebut sangat berhubungan dengan kelangsungan studio itu sendiri, dengan dipasangnya peredam akustik di dalam studio maka pelangganpun akan puas karena suara yang didengar di dalam studio sesuai dengan yang mereka inginkan, selain itu dengan terkuncinya suara di dalam studio mengakibatkan tidak tembusnya suara keluar studio sehingga tidak mengganggu orang atau tetangga kita, dengan begitu maka bisnispun akan lancar tinggal perawatan yang dilakukan pada alat musiknya saja.

Ada beberapa tempat atau area yang perlu dibuat untuk dapat meredam suara dengan maksimal, pada prinsipnya bila kita memasang peredam suara maka suara tersebut bukan dihilangkan tetapi dikurangi dan bagaimana agar suara tersebut terdengar dengan jelas tanpa menyakitkan telinga sehingga para pemain band yang berada di dalamnya dapat menikmati musik yang dimainkannya dengan pas. diantara tempat yang perlu dipasang peredam yaitu:

  • Seluruh dinding ruangan
  • Langit-langit
  • Kaca yang tembus dari studio ke ruang operator
  • Pintu Studio.
Pada kesempatan ini Saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat pintu akustik untuk ruangan studio musik, Pintu studio adalah salah satu tempat yang rawan tertembus oleh suara yang datang dari dalam ruangan studio musik karena pada bagian ini terdapat celah yang menjadi tempat keluarnya suara, seperti kita ketahui bersama bahwa suara dapat merambat melalui media udara oleh sebab itu celah sedikit saja dari sebuah pintu studio akan dapat mengantarkan suara dari dalam untuk keluar studio.

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi dalam hal pemasangan pintu akustik untuk studio musik, diantaranya adalah: ketebalan pintu, kerasnya pintu, adanya ruang kosong antara pintu dengan ruangan lain, dan rapatnya pintu dengan kusen. Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti tahapan-tahapan pemasangannya:
  1. Buatlah satu dinding baru yang dipasang di luar dinding studio lalu pasanglah kusen pintu yang letaknya  sejajar dengan pintu studio yang ada di dalam. berilah jarak antara kedua dinding minimal 50cm.
  2. Buatlah dua buah pintu yang nantinya dipasang pada kedua dinding dengan cara: buatlah rangka pintu dari kayu (seperti biasa anda membuat pintu untuk rumah) kemudian lapisi salah satu sisinya dengan tripbloks(kayu lapis yang tebal) kemudian letakkan pintu di lantai dengan posisi sisi pintu yang telah dipasang tripbloks berada di bawah. 
  3. Buatlah bahan cor-coran yaitu adukan semen, pasir dan batu split yang dicampur air kemudian masukkan ke dalam rangka pintu, diamkanlah adukan sampai kering benar, bila cor-coran telah kering maka tutuplah dengan kayu tripbloks. 
  4. Pasanglah karet pada seluruh sisi pintu, pakailah jenis karet yang biasa dipasang pada pintu mobil, dan cara pemasangannyapun tirulah bagaimana karet pada pintu mobil.
  5. Bila perlu pasanglah rockwool pada salah satu pintu yang akan dipasang pada bagian dalam studio, sebelumnya pasanglah kangka kayu pada pintu kemudian lapisi dengan rockwool lalu tutup dengan gipsum, untuk mempercantik pintu lapisi gipsum dengan karpet atau kertas dinding.
  6. karena bobot dari pintu ini cukup berat maka gunakanlah engsel dan pegangan pintu yang sangat kuat dan terbuat dari logam.
  7. Pasanglah pintu pada kusen pintu yang berada di dalam studio, perhatikanlah cara memasang engsel pintu ini karena pintu yang terletak dibagian dalam difungsikan akan terbuka bila didorong ke arah dalam dan tertutup bila ditarik ke arah luar. 
  8. Untuk pintu yang dipasang pada dinding bagian luar studio pemasangannya berbeda dengan pintu sebelumnya, pintu ini dapat dibuka dengan menariknya ke arah luar sedangkan untuk menutupnya dengan didorong ke arah dalam.
Pintu akustik yang Saya jelaskan di atas hanyalah sebagai contoh dan ada cara-cara lain yang mungkin lebih baik, mungkin hasil yang didapat tidak dapat menahan suara 100% untuk keluar ruangan tetapi dapat meminimalisir suara yang keluar dari dalam studio, pintu akustik yang Saya pakai di studio Dinur juga memakai bahan yang sama dan terbukti cukup menahan suara dari dalam sutudio.
Category: articles

Tuesday, November 6, 2012

Kegiatan setel menyetel senar gitar adalah suatu hal yang perlu dilakukan saat kita memainkan alat musik ini, karena permainan gitar kita akan kacau bila setiap senar pada gitar kita tidak sama stemannya. Bagi anda yang sudah berpengalaman atau sudah mahir dalam menyetel senar gitar mungkin tidak akan mendapat kesulitan tapi bagi yang baru belajar gitar mungkin masih kesulitan.


Ada beberapa cara penyeteman yang umum dilakukan oleh para gitaris sebelum mereka memainkan gitarnya diantaranya yaitu:
  • Stempluit,   Stempluit adalah alat penyetel atau penyama nada yang cara kerjanya mirip peluit yaitu dengan cara ditiup dengan mulut, stempluit ada bermacam-macam nada sesuai dengan tangga nada yang berlaku. penggunaan stempluit sangat jarang dilakukan oleh para gitaris karena karakter suara yang dikeluarkan oleh alat ini berbeda jauh dengan karakter suara yang dihasilkan oleh senar gitar sehingga seorang gitarist kesulitan untuk menyamakan nada senar gitar dengan stempluit ini.
  • Garpu tala,  Garpu tala adalah alat penyetem yang terbuat dari logam yang berbentuk garpu yang terdiri dari dua jari, cara menggunakannya adalah dengan memukulkan garputala pada benda keras sampai garpu mengeluarkan suara, sama seperti stempluit garpu tala juga terdiri dari bermacam-macam nada, jadi saat kita menyetel maka senar dan garpu tala harus sesuai dengan tangga nadanya, misalnya senar yang kita stem adalah senar nomor satu dengan nada standar adalah "E" maka garputala yang digunakan adalah yang bernada "E" juga.
  • Alat musik lain, Cara yang masih banyak dilakukan adalah menyamakan nada senar gitar dengan alat musik lain, syaratnya alat musik tersebut sudah dalam posisi steman yang standar, salah satu contoh alat musik yang dapat digunakan dengan keadaan stelan yang standar adalah piano, banyak orang menggunakan piano sebagai panduan dalam menyetel senar gitar karena nada-nada piano adalah standar dan karakter suara yang dihasilkan mirip dengan karakter suara gitar sehingga gitaris merasa mudah untuk melakukan tuning.
  • Perasaan/feeling, ini adalah salah satu cara yang juga sering dilakukan oleh gitaris, penyetelan cara ini menggunakan perasaan penyetemnya(gitarist), mereka menyetel senar gitar tanpa bantuan alat lain, satu-satunya yang menjadi panduan adalah telinga yang sudah terasah dengan baik, bagi sebagian orang akan menyangka kalau cara ini tidak akan membuat stelan senar standar dengan alat musik lain yang memiliki stelan yang permanen misalnya piano, Saya dapat memastikan bahwa cara meyetem senar dengan cara ini justru lebih pas dan sesuai dengan steman standar, hal ini telah Saya buktikan pada seorang teman yang dapat menyetel senar gitar tanpa bantuan alat lain dan setelan hasil setemannya saya cocokkan dengan piano ternyata sama dan standar.
  • Tuner analog dan digital, Alat ini digunakan untuk menyetel senar gitar elektrik, cara menggunakannya adalah dengan cara menghubungkan gitar ke tuner dengan kabel gitar, setelah tuner dinyalakan maka setiap petikan pada nomor senar tertentu akan muncul di layar tuner, ada dua macam tampilan yaitu tampilan jarum yang bergerak dan huruf yang keduanya sama saja yaitu menyetel senar gitar, cara inilah yang banyak digunakan oleh para gitarist dari yang semi sampai yang pro, banyak gitaris yang menempatkan tuner ini pada pedal boardnya saat tampil di panggung, untuk lebih jelasnya tentang cara menyetel senar gitar listrik dengan tuner silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:

Cara stem gitar elektrik menggunakan tuner digital
  1. Hubungkan gitar dengan tuner menggunakan kabel gitar, masukkan jack gitar ke tuner yang bertuliskan   "in" lalu masuk ke menu tuner,
  2. Petik senar no.1/E,  lihat pada layar tuner aturlah putaran pengencang senar sampai di layar tuner muncul huruf E
  3. bila di LCD muncul huruf "E" maka steman sudah betul,
  4. Bila pada saat kita mnyetel senar E muncul "Eb" berarti Nada senar senar ketinggian maka harus dilonggarkan penalanya sampai di layar muncul huruf "E".
  5. Petik senar no.5/A dan lihatlah pada layar tuner sampai muncul huruf "A", tapi bila di playar tuner muncul "Eb" berarti senar terlalu rendah maka setelan senar harus ditinggikan yaitu dengan mengencangkan penala sedikit demi sedikit, tapi bila yang muncul di layar adalah "Ab" maka stelan ketinggian maka senar harus dilonggarkan.
Demikianlah Posting Saya kali ini mengenai Cara menyetem, menyetel, tuning gitar listrik, semaga menambah wawasan kita tentang tekhnin tuning gitar dan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Category: articles

Sunday, November 4, 2012

Mic adalah alat elektronik yang dapat merubah getaran suara menjadi getaran listrik, kegunaan alat ini adalah untuk berbicara ataupun bernyanyi. Ada beberapa trik yang dapat kita lakukan bila kita sedang dalam menggunakan mik, baik itu untuk berbicara ataupun bernyanyi.

Banyak diantara kita menggunakan mik menurut yang mereka inginkan tanpa memikirkan resiko yang terjadi, beberapa kerugian bila kita kuran pas dalam memegang mic diantaranya adalah suara yang keluar dari speaker akan berubah yang tidak sesuai dengan harapan kita atau terjadinya feed back. Semua hal tersebut sebenarnya tidak terjadi bila kita mengetahui cara memegang mic yang benar,

Di bawah ini akan Saya uraikan beberapa cara memegang mik genggam yang benar agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat anda menggunakannya.
  • Genggamlah mic anda dengan kuat tetapi tidak kaku, peganglah dengan keempat jari melingkari batang mic dan jempol melingkar dengan arah sebaliknya dan usahakan sampai terlihat wajar, hal ini penting untuk menjaga agar mic yang kita pegang tidak mudah terlepas dari genggaman apapun  dan bagaimanapun gerakan kita, hal ini sangat dianjurkan sekali bagi penyanyi yang sekaligus menari saat di pertunjukkan.
  • Usahakanlah genggaman terletak hanya pada bagian antara leher mic sampai ujung mic
  • Janganlah memegang kepala mic karena bagian tersebut terdapat spull mic yang sensitif, bila kita mengenggam daerah tersebut maka suara kita akan kecil dari speaker karena tertutup jari kita, selain itu pada beberapa kasus jari tangan yang menutupi kepala mic akan mengeluarkan suara feedback dari speaker, hal ini tentu saja akan mengganggu pendenganran kita.
  • Seorang penyanyi adalah pandangan seluruh orang yang menonntonnya, maka janganlah kecewakan penonton atau penggemar anda dengan menutupi wajah dengan mik, aturlah supaya mik tidak menutupi wajah misalnya dengan memegang mic agak bawah.
  • Pada beberapa kejadian, jarak mic dengan bibir penyanyi dapat mempengaruhi kualitas suara yang keluar dari speaker, jadi aturlah jarak mulut dengan mic sampai terdengar karakter suara kita dari speaker.jarak yang terlalu jauh dari mic akan memperkecil suara kita dan jarak yang terlalu dekat akan membuat suara kita seperti dibekem(ditutup dengan tangan)
  • untuk mencari karakter suara yang sesuai denganselera kita maka cobalah mengubah jarak mulut dengan mikrofon sampai mendapatkan suara yang kita inginkan.

Tambahan
Penjelasan mengenai tips memegang mikrofon di atas adalah khusus untuk penggunaan pada mik yang berjenis genggam baik itu dengan kabel ataupun tanpa kabel(wireles mic). Ada macam-macam mikrofon yang sering digunakan diantaranya yaitu:
  • Mikrofon dinamik, yaitu jenis yang berbentuk batangan baik itu dengan kabel ataupun tanpa kabel, jenis ini menggunakan komponen dinamik dengan bentuk spull yang khas, pemakaian dengan cara digenggam dengan jari tangan penuh, digunakan untuk bernyanyi dan berbicara.
  • Mikrofon kondenser, adalah jenis yang berbentuk kecil kira kira seukuran kancing baju, dipakai oleh penyanyi dengan gerakan yang aktif, pada pemakaiannya tidak perlu digenggam atau dipegang karena dapat diselipkan pada pakaian ataupun dipasang di dekat mulut menggunakan alat yang dipasang di kepala.
  • Mikrofon untuk alat musik, jenis mik ini biasanya dipasang pada alat musik seprti drum, biasanya mik yang dipasang terdiri dari satu set yang lengkap, untuk menghasilkan suara yang bagus maka penggunaan mik khusus untuk alat musik sangat dianjurkan.
Category: articles

Saturday, November 3, 2012

Umur senar bass yang sudah uzur dan seringnya memainkan bass akan membuat kualitas suaranya berkurang (mendem) ditambah dengan karat yang ada membuat kita ingin menggantinya dengan senar yang baru, eit...! nanti dulu.... sayang kalo dibuang. sebaiknya diremajakan saja.

Senar bass adalah senar yang khusus dipakai untuk alat musik bass baik itu bass elektrik maupun bass akustik, karakter yang dihasilkan oleh jenis senar ini tergolong unik dan berbeda jauh dengan suara yang dihasilkan oleh senar gitar, hal ini disebabkan karena ukuran dari senar bass lebih besar dari senar gitar.

Nada-nada yang dikeluarkan oleh senar bass memiliki beberapa macam diantaranya low dan middle, agar sebuah senar bass dapat mengeluarkan bermacam-macam suara yang sesuai dengan yang diharapkan maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu: bahan baku pembuatan senar, usia pemakaian senar, dan perawatan. Semua hal tersebut mestinya dimiliki oleh setiap senar bass agar permainan seorang bassist dapat terdengar enak di telinga.

Bersamaan dengan berjalannya waktu pemakaian senar bass maka kulaitas senar basspun akan menurun baik itu dari segi suara yang dikeluarkan ataupun mudah putusnya senar, untuk senar bass yang kualitas suaranya telah berkurang maka ada cara agar suaranya dapat kembali hampir seperti semula, meskipun cara yang akan Saya jelaskan ini tidak akan mengembalikan kualitas suara senar bass seperti semula karena senar bass terbuat dari bahan logam yang memiliki kekurangan yaitu akan berkurang seiring waktu.

Untuk lebih jelas tentang tips meremajakan senar bass yang suaranya mendem ikutilah tahapan-tahapannya di bawah ini, selamat mencoba....
  1. Untuk memudahklan pengerjaan sebaiknya lepaskanlah semua senar dari bass 
  2. Bila pada senar bass terdapat banyak karat yang menempel maka hilangkanlah karat tersebut dengan merendam seluruh senar di dalam minyak tanah atau solar kemudian diamkan selama 30menit sampai satu jam, usahakan seluruh permukaan senar terendam dengan sempurna. 
  3. Setelah senar selesai direndam dalam minyak tanah maka biasanya karat akan mudah dilepaskan, lepaskanlah karat dengan menggunakan ampelas khusus untuk besi, lakukanlah sampai semua karat dapat terlepas dari senar.
  4. Bersihkanlah sisa-sisa karat dan minyak yang menempel pada senar dengan menggunakan lap kering dan bila perlu jemurlah senar di terik matahari. 
  5. Siapkan air ke dalam panci lalu letakkan di atas kompor yang menyala, sambil menunggu air mendidih gulunglah masing-masing senar sehingga membentuk lingkaran agar mudah dimasukkan ke dalam panci.
  6. Setelah air mendidih masukanlah seluruh senar ke dalam panci, pastikan seluruh senar terendam dalam air, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam.
  7. Setelah menunggu satu jam angkatlah senar dari rebusan air kemudian tiriskan atau diangin anginkan sampai kering.
  8. Apabila seluruh senar telah kering dan dingin maka senar sudah dapat dipasang kembali. cobalah memainkan senar bass, biasanya suara senar akan sedikit lebih baik dari sebelumnya. 

Tips merawat senar bass

Berapapun harga senar bass anda bila kurang perawatan maka kualitasnyapun akan menurun dengan cepat, mungkin sering kita jumpai senar bass yang mudah berkarat, mudah putus dan mudah fals, semua hal tersebut adalah sebagian dari akibat kita kurang rajin merawatnya, padahal merawat senar bass itu tidaklah sulit apalagi untuk yang berbahan logam, berikut ini tips tentang cara merawat senar bass yang Saya dapatkan dari pengalaman pribadi selama bertahun-tahun, tips ini cukup efektif apalagi untuk anda yang berkecimpung di bidang studio rental.
  1. Setiap selesai dimainkan bersihkanlah sisa keringat yang menempel pada senar karena keringat dari jari tangan akan mempercepat karat, bila perlu lumuri senar dengan minyak yang bersih, anda dapat menggunakan minyak goreng/minyak kelapa.
  2. Longgarkanlah senar bass pada saat bass tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, khusus untuk studio band longgarkanlah senar setelah penyewa terakhir selesai.
  3. Gunakanlah satu set senar bass dengan satu merek yang sama, jangan mencampur beberapa merek senar dalam satu bass karena suara yang dikeluarkan oleh masing-masing senar akan berbeda sehingga ada kemunginan untuk memperbesar suara salah satu merek senar yang kecil suaranya maka kita akan lebih kuat dalam memetiknya sehingga senar tersebut akan mudah putus.
Demikianlah ulasan Saya tentang cara meremajakan senar bass yang bersuara mendem dan tips merawat senar bass, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya, mohon maahf apabila cara-cara yang saya jelaskan tidak sesuai dengan aturan baku, karena semua itu murni dari pengalaman pribadi.
Category: articles
Simbal adalah salah satu alat musik bagian dari drum set yang membuat ramai suara yang dihasilkan oleh drumer, jenis simbal yang umum dipakai ada lima buah diantaranya yaitu: Hi-hat, Crash, Spalsh, Ride, dan chinese. Kelima jenis simbal tersebut memiliki umur yang berbeda-beda sampai hancur menjadi berkeping-keping, untuk simbal dengan harga yang mahal tentu saja akan berumur lebih lama karena terbuat dari bahan yang kuat sedangkan simbal dengan harga yang lebih murah akan berumur lebih pendek.

Selama ini simbal yang robek/hancur di dalam studio yang dipakai hampir setiap hari akan terjadi bila sudah memaasuki dua atau tiga bulan pemakaian secara terus menerus, pecahnya simbal tidak terjadi langsung tetapi melalui beberapa tahapan, biasanya dimulai dengan sobekan kecil di bagian pinggir simbal, dengan seiringnya waktu maka bagian tepi simbal yang robek tadi akan bertambah lebar karena simbal yang dimainkan seorang drumer akan berputar dan pada saat stik mengenai bagian yang robek tadi maka robekannya akan bertambah.

Begitulah terus menerus simbal yang terkena stik akan terus bertambah panjangnya sehingga memanjang ke arah tengah simbal sampai akhirnya simbalpun akan hancur,

Apabila kita memiliki dana yang cukup dan terdapat persediaan simbal yang cukup maka hal seperti di atas tidak perlu dirisaukan karena tinggal ganti saja dengan simbal yang baru, tetapi bagaimaka bila saat itu tidak ada persediaan simbal pengganti dan keuangan kita sedang kembang kempis? tentu itu merupakan hal yang kurang nyaman, pada posting kali ini Saya akan memberikan sedikit tips agar sobekan tersebut tidak terus memanjang/melebar ke bagian permukaan simbal yang lainnya jadi dengan demikian kita telah memperpanjang umur simbal, untuk lebih jelasnya mengenai cara memperpanjang umur simbal adalah sebagai berikut:  

Pada posting kali ini saya hanya menjelaskan cara mengantisipasi simbal yang robek. Simbal terbuat dari campuran beberapa logam maka bila retak/sobek sedikit saja maka akan memanjang secara cepat maka dari itu sebelum terjadi kita harus mencegahnya,caranya ialah:
  • Apabila sobekan yang terletak dipingiran simbal masih berukuran kecil misalnya kurang dari 1cm maka cara mengantisipasinya adalah dengan membuat lubang pada ujung retakan bagian dalam dengan menggunakan bor.
  • Apabila robekan pada tepian simbal telah lebih dari 1cm maka cara mengebor sudah tidak dapat dipakai lagi karena tetap saja robekan akan melebar terus, cara yang cukup efektif adalah dengan menyabit atau membuang sebagian sisi simbal yang terdapat retakan sehingga tidak ada lagi retakan pada simbal, cara ini cukup efektif karena dengan membuang bagian yang robek/retak pada simbal maka kita telah benar-benar mencegah retakan yang lebih parah lagi, hanya saja bentuk simbal akan sedikit aneh karena ada bagian pinggiran simbal yang hilang, hal lainnya adalah suara simbal akan berkurang kualitasnya tidak seperti semula karena ada bagian yang hilang. Jangan lupa untuk menghaluskan pinggiran yang telah terbuang agar tidak merusak stik drum karena biasanya bagian ini akan menjadi tajam bila dipotong dengan gerinda.
  • Hal yang paling harus diperhatikan adalah "janganlah mencoba mengelas simbal yang robek dengan bahan apapun (termasuk las kuningan) karena bagian simbal yang dilas adalah rapuih sehingga dalam waktu yang singkat maka simbal akn kembali retak bahkan dapat melebihi ukuran retak sebelumnya. " 
  • Meski kita telah memperpanjang umur simbal tapi janganlah didiamkan terlalu lama, gantilah segera simbal yang rusak sesegera mungkin, apalagi bila terjadi pada studio rental maka akan menurunkan kepercayaan konsumen karena sepertinya kita kurang dapat merawat alat studio dengan baik.
Category: articles

Friday, November 2, 2012

Drum set yang diletakkan dilantai seharusnya berada pada tempatnya saat dimainkan oleh drumer, ada beberapa cara yang dilakukan agar drum set tetap berada di tempatnya(tidak bergeser), pada post kali ini Saya hanya akan menjelaskan tentang bagaimama caranya agar drum set tidak bergeser dari tempatnya.

Dapat dibayangkan bila drum set kita selalu berubah posisi akibat terkena terpaan pedal/kick drum maka seluruh peralatan yang terkait dengan drum akan berantakan, kita sebut saja mik, kabel-kabel, tiang simbal dan lain-lain, hal ini tentu saja membuat repot.

Apapun dan dimanapun drum berada, baik itu di panggung terbuka atau di dalam studio maka bass drum haruslah tertancap kuat di lantai agar tidak berubah posisi, ada beberapa cara yang umum dilakukan oleh para kru sound, diantaranya adalah dengan mengeluarkan batang paku tajam yang terletak di bagian dalam kaki-kaki bass drum, dengan mengeluarkan paku tersebut maka diharapkan dapat memaku bass drum ke lantai, tapi kadang-kadang cara ini masih kurang efektif, maka Saya mencoba memodifikasi sebuah benda yang dapat membuat drum set ini tidak bergeser dari tempatnya, cara ini hanya dapat dilakukan untuk drum set yang terpasang di dalam ruangan(studio musik), caranya adalah dengan membuat panggung kecil yang ditempatkan di bawah drum setse untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:


Cara membuat penahan drum set agar tidak bergeser dari tempatnya
  1. Buatlah kotak kayu dengan ukuran panjang dan lebar sesuai dengan luas tata letak drum set dengan ketinggian kira-kira 20cm, letakkanlah papan atau tripleks tebal pada bagian bawahnya dan jangan sampai ada celah sedikitpun.
  2. Pasanglah karet pada bagian bawah kotak kayu tersebut yang berukuran agak besar karet ini biasa dipakai pada kaki-kai kulkas.Pasanglah sebanyak mungkin karena nantinya akan menahan beban yang sangat berat.
  3. Apabila kotak telah siap maka tahapan berikutnya adalah memberi pasir kering ke kedalam kotak kayu sampai penuh menutupi permukaann yang paling atas.
  4. Apabila pasir telah mengisi penuh kotak maka tutuplah dengan papan atau triblok yang tebal lalu kuatkan dengan paku.
  5. siapkanlah karpet untuk dipasang pada permukaan kotak kayu yang telah dilapisi tripblok, lumurilah permukaan tripblok dan permukaan bawah karpet yang akandipasang, gunakan dengan lem khusus (aibon) yang sangat kuat. setelah lem kering kira-kira 10menit tempelkan karpet pada permukaan tripblok.
  6. tempatkanlah seluruh drumset di atas kotak kayu yang telah berbentuk panggung kecil tersebut.
  7. Agar bass drum tidak bergeser posisinya pada saat digunakan maka pasanglah penghalang tepat di dengan bass drum dan menempel pada panggyng. caranya adalah dengan: buatlah penahan bass drum yang terbuat dari kayu berukuran (p X l X t) (30cmX5cmX5cm) lalu bungkuslah yang rapi dengan karpet lalu tempelkan tepat di depan bass drum dengan posisi melintang lalu kencangkan dengan paku yang ditancapkan ke panggung, dengan cara ini maka bass drum tidak akan bergeser menjauhi pemainnya..
Demikianlah cara agar drum set tidak bergeser atau pindah posisi saat dimainkan drumer, yang Saya jelaskan adalah cara yang Saya lakukan pada studio Saya, dengan cara tersebut getaran drum dapat diredam agar tidak merembet ke lantai, selain itu hal yang paling utama adalah drum tidak bergeser saat dimainkan, untuk karpet yang dipasang pada permukaan panggung(bagian atas) tidak harus memakai karpet, anda dapat memilih bahan lain yang sesuai dengan selera anda misalnya karet, bahan swallow, dam lain-lain.
Category: articles

Thursday, November 1, 2012


Stik drum adalah peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap pemain drum untuk memainkan drumnya, terdapat jenis dan ukuran stik drum yang berbeda-beda menurut bahan pembuatannya ataupun pemakaiannya, bahan pembuat stik ada bermacam-macam diantaranya ada yang terbuat dari kayu dan plastik fiber(serat), diantara kedua jenis tersebut memiliki ciri khas yang berbeda, stik fiber memiliki kelenturan yang dirasakan saat digunakan dan akan menghasilkan suara yang lebih keras dibanding stik yang berbahan kayu tetapi stuk fiber lebih mudah patah menjadi beberapa bagiajn yang tajam, sedangkan stiki yang terbuat dari kayu akan mengeluarkan suara yang lebih natural dan lebih kuat, patahannya tidak terlalu berbahaya.

Pada posting kali ini Saya akan mengulas sedikit tentang Tips memilih stik dum yang benar agar stik drum yang dipakai lebih berumur panjang dan tidak mudah patah meskipun tetap saja suatu saat akan patah juga. Cara yang akan Saya jelaskan di sini adalah pengalaman Saya bertahun-tahun yang sering saya jumpai di studio yang Saya miliki. untuk lebih jelasnya silahkan dibaca uraiannya di bawah ini, perlu diketahui bahwa stik yang Saya jelaskan di bawah ini adalah stik drum yang terbuat dari bahan kayu.


Tips memilih stik drum:
  • Pada saat kita membeli stik drum yang berbahan kayu usahakan yang tidak dilapisi oleh cat ataupun dempul, jadi pilihlah stik drum yang serat kayunya terlihat secara langsung, gunanya adalah agar kita jadi tahu bentuk serat kayu tersebut, penjelasannya ada pada poin di bawah ini:
  • Pilihlah stik yang serat kayunya lurus dengan batang stik, serat yang lurus dipercaya lebih tahan patah dari yang berserat miring, pada beberapa kasus, patahan stik adalah terletak pada stik yang berserat miring jadi patahannyapun membentuk sudut yang miring sehingga hasilnya patahan stik membentuk runcing.
  • Perhatikan panjang dan diameter stik, sesuaikan dengan selera atau kenyamanan, jadi cobalah dahulu beberapa bentuk stik sampai mendapatkan yang benar-benar nyaman saat dipakai, hal ini penting karena keindahan suara drum dipengaruhi juga dengan bentuk stik yang sesuai dengan kenyamanan drumernya.
  • Hindari memilih stik drum yang terdapat mata kayu, mata kayu ini berbentuk serat yang menyerupai lingkaran-lingkaran kecil dan seratpun akan membentuk alur yang tidak lurus/bengkok-bengkok, dari beberapa pengalaman, stik yang memiliki mata kayu mudah patah.
  • Ada beberapa stik dengan warna kayu yang belang-belang, hal ini menunjukkan bahwa stik ini terbuat dari batang kayu yang terletak di tengah-tengah jadi lingkaran tahunnya terlihat, stik dengan warna belang seperti ini mudah sekali patah.
  • Bila anda adalah seorang drummer pemula dan hanya memiliki beberapa batang pasang stik drum saja maka untuk memperpanjang umur stik drum yang "biasa" maka lapisilah dengan isolasi plastik setengah bagian dari setik yaitu dari tengah sampai ujungnya, mungkin dengan cara ini suara yang dihasilkan kurang nyaring tapi sebagai cara agar serat stik tidak terlepas adalah sesuatu yang wajar dilakukan kecuali bila anda memiliki banyak persediaan batang stik drum.
  • Untuk menghindari lembab dan berjamur simpanlah stik di tempat yang kering dan jauh dari udara lembab.
Demikianlah penjelasan Saya mengenai cara memilih stik drum berbahan kayu semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya, jadi setelah anda membaca pengalaman Saya di atas mudah-mudahan tidak bingung lagi dalam memilih stik yang akan dibeli. 
Category: articles