Home » » TIPS TATA LETAK DRUM SET DI STUDIO MUSIK

TIPS TATA LETAK DRUM SET DI STUDIO MUSIK

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Saturday, November 17, 2012 | 7:30 AM

Menempatkan satu set drum di dalam ruangan studio musik kadang-kadang perlu penanganan yang khusus karena alat musik ini memerlukan area yang agak luas dibandingkan dengan alat musik atau speaker. ukuran yang agak luas juga suara yang dihasilkan cukup keras, tanpa memnggunakan speakerpun alat ini dapat langsung terdengar nyaring, oleh sebab itulah ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar semua kendala seperti itu dapat teratasi.

Untuk penempatannya bebas saja selama fungsi dari drum tetap ada, misalnya suara drum dapat terdengar ke seluruh ruangan tanpa mengganggu suara alat musik lainnya. untuk penempatan nya ada tiga area yang umumnya dapat digunakan untuk meletakkan drum ini yaitu:

  1. Sudut ruangan, Cara ini banyak dilakukan oleh studio rental ataupun studio rekaman karena Dengan meletakkan di sudut ruangan maka tidak akan memakai banyak tempat, selain itu suarapun dapat terdengar ke seluruh area. kekurangan dari cara ini adalah posisi drumer yang agak menyerong membuatnya kesulitan untuk berkomunikasi dengan pemain lain tetapi hal ini tidak terlalu menjadi soal karena hal ini dapat diatasi dengan menempetkan kursi untuk drumer yang dapat berputar.
  2. Sejajar dengan dinding, dengan cara ini maka area tempat meletakkan perangkat drum akan lebih lega karena dapat menempatkan peralatannya ke pinggir ataupun ke depan, penglihatan drumerpun akan lebih leluasa, kekurangan cara ini adalah ruangan akan terasa sempit sehingga gerakan pemain lain akan terbatas.
  3. Di tengah tengah ruangan, cara ini dapat dilakukan untuk ruangan yang cukup luas karena apabila dilakukan pada ruangan yang agak kecil maka akan menambah sempit ruangan karena para pemain lain akan terbatas ruang geraknya, selaijn itu akan menghalangi pandangan dengan para pemain lainnya. mendan posisi ini maka ruangan akan terlihat menjadi lebih hidup karena seluruh pemain akan dapat saling melihat aksi personilnya secara langsung.

Drum adalah alat musik yang bisa mengeluarkan suara tanpa bantuan pengeras suara (speaker) karena suaranya yang keras, maka penempatannyapun bisa di mana saja sesuai selera pemiliknya, ada yang memasang di sudut,tengah atau dekat ke salah satu dinding ruangan. Di manapun letaknya yang penting suara dan letaknya nyaman untuk seluruh personil band dan tidak membuat sempit studio.


Cara mengatasi suara alat musik yang sering tidak terdengar oleh pemain drum.

  • tempatkan speaker control dekat pemain drum dengan posisi miring menghadap ke badan drumer, penempatannya boleh di pinggir ataupun di depan drum, usahakan suara alat musik lain dan vokal keluar dari speaker tersebut, dengan cara ini maka seorang pemain drum tidak akan kesulitan untuk  mendengar suara alat musik lain. Suara yang dikeluarkan speaker ini adalah hasil dari output mixer setelah mendapai masukan dari seluruh alat musik
  • letakkan seluruh speaker dari alat lain seperti speaker gitar, speaker bass, dan speaker vokal menghadap/megarah ke pemain drum, dengan cara ini maka suara dari masing-masing alat musik seperti dikirimkan langsung ke pemain drum, cara ini dilakukan apabila di dalam studio tidak memiliki speaker kontrol. 
  • Letakkan beberapa speaker alat musik dekat dengan pemain drum, cara ini dilakukan apabila cara yang kedua tidak mungkin dilakukan karena suatu alasan, speaker yang dapat diletakkan dekat dengan pemain drum adalah speaker gitar atau speaker bass, dengan cara ini maka seorang pemain drum seperti diiringi oleh pemain lainnya, untuk cara ini cobalah bereksperimen dengan beberapa  posisi, mintalah masukkan dari grup band yang main sampai letak speaker pas dengan keinginan drumer.

Panggung kecil untuk drum set

Buatlah sebuah panggung keci dengan ketinggian 20cm yang di bawahnya dilapisi dengan karet tebal, bahan pembuatnya dapat menggunakan kayu ataupun tripbloks, lapisilah bagian atasnya dengan karpet, dengan membuat panggung kecil untuk drum maka getaran drum ke lantai akan berkurang, selain itu akan menambah  keindahan di dalam ruangan karena terlihat seperti panggung sungguhan yang hal ini tentu saja dapat menambah betah personil band.