Home » » TIPS MERAWAT GITAR LISTRIK STUDIO MUSIK

TIPS MERAWAT GITAR LISTRIK STUDIO MUSIK

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Friday, November 30, 2012 | 9:59 AM

Gitar adalah salah satu alat musik yang paling mudah terkena noda/kotoran karena hampir semua bagian luar alat ini bersentuhan langsung dengan manusia/pemain gitar oleh karena itu dalam perawatannya harus semua bagian diperhatikan.

Banyak Saya jumpai beberapa gitar yang terlihat kurang dirawat oleh pemiliknya, diantara kurangnya perawatan pada gitar akan terlihat langsung dari penampilan dan rasa ketika memainkan gitar, beberapa hal tersebut seperti:

  • Fret yang terlihat kotor dipenuhi oleh lemak bercampur debu hitam dari tetesan keringat jari pemakainya.
  • Badan gitar yang kusam dan kotor karena jarang dibersihkan.
  • Senar yang berkarat karena jarangnya di beri minyak sehingga dapat membahayakan jari tangan, jari tangan akan terluka bila memainkan senar gitar yang sudah berkarat.
  • Stang gitar yang bengkok atau melengkung karena salah dalam penyimpanan.
  • sabuk atau starp gitar yang kotor karena tidak pernah dicuci.
Keinginan atau semangat kita dalam bermain gitar akan berkurang atau bahkan tiba-tiba menghilang saat akan memainkan sebuah gitar yang kurang terawat seeprti yang dijelaskan di atas tadi, bagaimana permainan seorang gitaris akan maksimal bila melihat kondisi seperti itu.

Selain berdampak langsung terhadap gitaris maka gitar yang kurang terawatpun akan berdampak pada sebuah studio musik, pelanggan akan enggan atau malas untuk datang lagi ke studio kita bila kondisi alat musiknya kurang terawat, oleh sebab itulah bagi anda pemilik alat musik baik itu pribadi ataupun usaha rental band rawatlah gitar dengan baik dan secara berkala karena keuntungannya akan dirasakan oleh kita-kita juga.

Untuk menghindari hal-hal tersebut agar tidak terjedi pada gitar kesangan kita maka sebaiknya dirawat dengan cara- cara yang Saya jelaskan di bawah ini:


Cara merawat gitar elektrik 
  • Badan/body dan stang gitar, bersihkan dengan kain lembab yang mengandung sedikit shampo mobil/motor(yang tidak bersifat mengikis cat) lalu lalu dilap dengan kain lembut sampai kering.
  • Tuner senar dan Fret, bagian ini terdapat unsur logam dan kayu dan lapisan vernis yang mudah terkikis maka untuk membersihkannya tidak boleh dengan lap yang lembab. Cara membersihkannya cukup dengan kain kering dan lembut.
  • Senar, longgarkan semua senar lalu bersihkan satu persatu senar dengan lap yang mengandung sedikit minyak(misalnya dengan minyak kelapa/goreng yang bersih) ini berguna untuk mencegah senar dari karat, kemudian dilap pakai lap kering. jangan lupa untuk menyetem/tuning ulang senar. bila ada senar yang berkarat, fals atau hampir putus segeralah ganti dengan yang baru.
  • Cucilah Strap/sabuk gitar bila sudah terlihat kotor dan bau, siapkan strap cadangan sementara strap yang lain sedang dicuci. Rapikan strap jangan sampai melilit atau terlepas dari pengait gitar.
  • Rapikan juga kabel yang menuju efek dan speaker jangan sampai melilit atau kusut.