Home » » TIPS MERAKIT -MEMBUAT KABEL GITAR DAN BASS LISTRIK

TIPS MERAKIT -MEMBUAT KABEL GITAR DAN BASS LISTRIK

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Wednesday, November 14, 2012 | 8:13 PM

Kabel gitar ataupun bass elektrik adalah jenis kabel yang terdiri dari seutas kabel audio dengan dua buah jack di masing-masing kedua ujungnya. kabel yang digunakan adalah jenis kabel khusus yang mampu meneruskan sinyal audio yang lemah dari alat ke efek ataupun ke tone, kabel ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian dalam yang merupakan input/output (hot) dan bagian luar yang terdiri dari kabel serabut yang dianyam menyelimuti kabel "hot".

Mungkin para gitaris atau sebagian orang akan memilih membeli kabel gitar atau kabel bass ke toko dengan alasan praktis tanpa harus menyolder sana-sini, tetapi bagi sebagian orang yang ingin memiliki kabel buatan sendiri mungkin ini menjadi tantangan tersendiri.

Untuk membuat kabel gitar atau pun kabel bass tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu menyolder beberapa titik antara kabel dengan jack, untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat kabel bitar atau kabel bass sendiri silahkan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini:


Peralatan yang dibutuhkan:
  • solder,
  • timah gulung,
  • tang monyong kombinasi,
  • kabel audio mono,
  • 2 buah jack mono 1/4". 
titik penyolderan kabel jack gitar atau bass

  1. Ukurlah panjang kabel sesuai dengan kebutuhan, ukuran yang umum digunakan para gitaris adalah: 3,5m dan  4m.
  2. Kupaslah kulit terluar pada ujung kabel sampai terlihat bagian kabel anyaman serabut dan kabel tengah, 
  3. Bukalah anyaman kabel yang membungkus kabel inti kemudian pilinlah ke arah sisi terluar kabel lalu beri timah pada ujungnya
  4. Masukkan secara berurutan komponen jack yaitu: selongsong jack-per-selang plastik ke kabel 
  5. Tempelkan kabel serabut yang sudah dipilin dan diberi timah (poin3) pada plat jack yang berukuran paling besar (terletak paling luar) lalu panaskan dengan solder dan diberi timah, diamkan sejenak solder menempel pada kabel tersebut sampai timah meleleh dan menempelkan kabel dengan plat, setelah itu baru ujung solder dapat dicabut.
  6. kupas kulit kabel yang terletak di tengah hingga terlihat kabel yang ada di dalamnya kemudian berilah timah.
  7. Tempelkan kabel yang telah diberi timah tersebut pada plat kecil yang ada pada jack kemudian panaskan dengan solder sampai kabel dan plat menyetu.
  8. Apabila kedua kabel telah menempel pada plat jack maka tahapan selanjutnya adalah mengencangkan plat penjepit yang bersatu dengan plat jack yang besar menggunakan tang monyong kombinasi agar menjepit kabel, jepitan ini berguna untuk menahan kabel dari terlepasnya solderan.
  9. Tahapan yang terakhir adalah memasukkan seluruh komponen yang pada poin4 telah dimasukkan ke kabel, masukkan seluruh komponen tadi secara berurutan ke dalam soket 1/4 dengan urutan: selang plastik-per-selongsong jack.
Tahapan-tahapan di atas adalah untuk satu buah jack sedangkan untuk pemasangan jack pada ujung yang satunya maka urutannya sama persisi seperti di atas, bila anda menggunakan kabel stereo untuk membuat kabel gitar atau kabel bass maka cara memasangnya adalah sama seperti di atas hanya saja satu buah kabel yang berada di tengah ditempelkan pada plat jack yang besar menyatu dengan solderan kabel serabut ( lihat gambar). Semoga cara yang Saya terangkan di atas dapat membantu bagi anda yang sedang kesulitan untuk menyolder kabel gitar sendiri, dengan mengetahui cara membuat kabel gitar dan basss maka kita dapat mengatasi bila suatu saat ada maasalah dengan kabel jack dan dapat memperbaikinya sendiri, kerusakan yang umum terjadi pada kabel jack adalah putus di tengah, terlepasnya solderan/patrian, patahnya komponen jack untuk memperbaiki kerusakan tersebut nanti akn Saya bahas paqda postingan selanjutnya.

Demikianlah post Saya kali ini semoga ada manfaatnya bagi anda.