Home » » CARA MENYETEM/MENYETEL/STEM/TUNING GITAR LISTRIK

CARA MENYETEM/MENYETEL/STEM/TUNING GITAR LISTRIK

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Tuesday, November 6, 2012 | 1:27 PM

Kegiatan setel menyetel senar gitar adalah suatu hal yang perlu dilakukan saat kita memainkan alat musik ini, karena permainan gitar kita akan kacau bila setiap senar pada gitar kita tidak sama stemannya. Bagi anda yang sudah berpengalaman atau sudah mahir dalam menyetel senar gitar mungkin tidak akan mendapat kesulitan tapi bagi yang baru belajar gitar mungkin masih kesulitan.


Ada beberapa cara penyeteman yang umum dilakukan oleh para gitaris sebelum mereka memainkan gitarnya diantaranya yaitu:
  • Stempluit,   Stempluit adalah alat penyetel atau penyama nada yang cara kerjanya mirip peluit yaitu dengan cara ditiup dengan mulut, stempluit ada bermacam-macam nada sesuai dengan tangga nada yang berlaku. penggunaan stempluit sangat jarang dilakukan oleh para gitaris karena karakter suara yang dikeluarkan oleh alat ini berbeda jauh dengan karakter suara yang dihasilkan oleh senar gitar sehingga seorang gitarist kesulitan untuk menyamakan nada senar gitar dengan stempluit ini.
  • Garpu tala,  Garpu tala adalah alat penyetem yang terbuat dari logam yang berbentuk garpu yang terdiri dari dua jari, cara menggunakannya adalah dengan memukulkan garputala pada benda keras sampai garpu mengeluarkan suara, sama seperti stempluit garpu tala juga terdiri dari bermacam-macam nada, jadi saat kita menyetel maka senar dan garpu tala harus sesuai dengan tangga nadanya, misalnya senar yang kita stem adalah senar nomor satu dengan nada standar adalah "E" maka garputala yang digunakan adalah yang bernada "E" juga.
  • Alat musik lain, Cara yang masih banyak dilakukan adalah menyamakan nada senar gitar dengan alat musik lain, syaratnya alat musik tersebut sudah dalam posisi steman yang standar, salah satu contoh alat musik yang dapat digunakan dengan keadaan stelan yang standar adalah piano, banyak orang menggunakan piano sebagai panduan dalam menyetel senar gitar karena nada-nada piano adalah standar dan karakter suara yang dihasilkan mirip dengan karakter suara gitar sehingga gitaris merasa mudah untuk melakukan tuning.
  • Perasaan/feeling, ini adalah salah satu cara yang juga sering dilakukan oleh gitaris, penyetelan cara ini menggunakan perasaan penyetemnya(gitarist), mereka menyetel senar gitar tanpa bantuan alat lain, satu-satunya yang menjadi panduan adalah telinga yang sudah terasah dengan baik, bagi sebagian orang akan menyangka kalau cara ini tidak akan membuat stelan senar standar dengan alat musik lain yang memiliki stelan yang permanen misalnya piano, Saya dapat memastikan bahwa cara meyetem senar dengan cara ini justru lebih pas dan sesuai dengan steman standar, hal ini telah Saya buktikan pada seorang teman yang dapat menyetel senar gitar tanpa bantuan alat lain dan setelan hasil setemannya saya cocokkan dengan piano ternyata sama dan standar.
  • Tuner analog dan digital, Alat ini digunakan untuk menyetel senar gitar elektrik, cara menggunakannya adalah dengan cara menghubungkan gitar ke tuner dengan kabel gitar, setelah tuner dinyalakan maka setiap petikan pada nomor senar tertentu akan muncul di layar tuner, ada dua macam tampilan yaitu tampilan jarum yang bergerak dan huruf yang keduanya sama saja yaitu menyetel senar gitar, cara inilah yang banyak digunakan oleh para gitarist dari yang semi sampai yang pro, banyak gitaris yang menempatkan tuner ini pada pedal boardnya saat tampil di panggung, untuk lebih jelasnya tentang cara menyetel senar gitar listrik dengan tuner silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:

Cara stem gitar elektrik menggunakan tuner digital
  1. Hubungkan gitar dengan tuner menggunakan kabel gitar, masukkan jack gitar ke tuner yang bertuliskan   "in" lalu masuk ke menu tuner,
  2. Petik senar no.1/E,  lihat pada layar tuner aturlah putaran pengencang senar sampai di layar tuner muncul huruf E
  3. bila di LCD muncul huruf "E" maka steman sudah betul,
  4. Bila pada saat kita mnyetel senar E muncul "Eb" berarti Nada senar senar ketinggian maka harus dilonggarkan penalanya sampai di layar muncul huruf "E".
  5. Petik senar no.5/A dan lihatlah pada layar tuner sampai muncul huruf "A", tapi bila di playar tuner muncul "Eb" berarti senar terlalu rendah maka setelan senar harus ditinggikan yaitu dengan mengencangkan penala sedikit demi sedikit, tapi bila yang muncul di layar adalah "Ab" maka stelan ketinggian maka senar harus dilonggarkan.
Demikianlah Posting Saya kali ini mengenai Cara menyetem, menyetel, tuning gitar listrik, semaga menambah wawasan kita tentang tekhnin tuning gitar dan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.