Home » » CARA MERAWAT GITAR ELEKTRIK

CARA MERAWAT GITAR ELEKTRIK

Written By Muhamad nurdin fathurrohman on Thursday, October 25, 2012 | 2:51 PM

Halo para pencinta musik di manapun berada, hari ini adalah kali pertama Saya membuat tulisan sederhana untuk blog musik yang berjudul "Cara merawat gitar elektrik". Sepeti yang telah kita ketahui bersama bahwa usia dan kekuatan  semua barang atau alat tergantung dari cara kita merawatnya, berapapun tingginya harga alat musik yang kita miliki akan berkurang kualitasnya karena kurangnya perawatan.

Mengapa gitar harus dirawat dengan baik? karena ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan  apabila kita melakukan perawatan dengan baik, diantara keuntungan yang dapat kita raih adalah sebagai berikut:

  • Suara yang dihasilkan akan bertahan sesuai dengan kualitas suara gitar pada saat pertama kali dimiliki.
  • Badan gitar akan terhindar dari kerusakan, baik itu oleh kita maupun oleh jamur.
  • Senar gitar jarang putus(berumur panjang) sehingga akan membuat irit pengeluaran uang.
  • Suara senar akan bertahan lama dan terhindar dari fals
  • Nilai jual yang tinggi karena kebanyakan orang lebih tertarik dengan membeli barang dengan keadaan yang masih baik meskipun bekas pakai.

Semua manfaat yang Saya jelaskan di atas lambat laun akan terasa oleh kita sebagai pemiliknya bila kita benar-benar melakukan perawatan, Perawatan ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pribadi ataupun perusahaan rental musik, untuk sebuah perusahaan bisnis studio musik hal tersebut akan menguntungkan sekali karena dengan keadaan gitar yang lebih terawat maka akan menarik pelanggan lebih banyak lagi sedangkan untuk pribadi perawatan gitar yang baik akan kembali lagi pada diri kita sebagai pemilik.


CARA MERAWAT GITAR ELEKTRIK:


  • Bersihkan seluruh bagian gitar setelah dipakai, untuk bagian bodi pertama-tama bersihkan noda atau bekas tetesan keringat dengan kain lembut yang kering, bila noda tidak hilang maka dapat dibersihkan menggunakan kain lembut yang diberi sedikit air dan sabun cair, usahakan lap dalam keadaan lembab (bukab basah) untuk menghindari tetesan air ke bagian logam yang dapat mengakibatkan karat jangan lupa untuk mengeringkan tetesan air yang mengenai gitar. setelah itu lapisilah bodi gitar dengan menggunakan bahan semir khusus untuk bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi pudarnya warna cat, bacalah dulu bahan pembuatnya apakah dapat mengikis cat, jangan gunakan semir bodi mobil yang dapat mengikis cat.
  • Untuk bagian gitar yang terbuat dari logam seperti pada putaran tuning atau driyer yang berfungsi menyetem senar, tremolo, handle, dan bagian belakang bodi gitar beserta baud-baudnya. olesilah semua bagian yang disebut tadi dengan menggunakan minyak goreng yang masih bersih, minyak goreng adalah salah satu bahan cair yang aman digunakan untuk logam yang berada pada bagian gitar karena sifatnya yang tidak mengikis dan dapat mencegah karat, selain itu minyak goreng tidak sulit untuk mencarinya karena hampir di setiap rumah ada.
  • Apabila anda tidak akan menggunakan gitar litrik pada jangka waktu yang cukup lama maka sebaiknya seluruh senar gitar dilepas terlebih dahulu untuk menjaga agar setang gitar berada pada keadaan yang lurus, kemudian letakkan gitar pada tempatnya misalnya softcase ataupun hardcase, bila anda tidak memiliki kedua benda tersebut maka anda dapat menyimpannya pada dudukan di kamar yang tidak lembab, cukup ventilasi yang dapat membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.
  • Pada saat pemasangan senar sebaiknya dipasang dengan seragam, artinya setiap putaran dilakukan pada satu putaran tertentu sesuai dengan gaya bermain gitar kita, sedangkan untuk gitar yang dipasang pada studio musik sebaiknya putaran sesuai dengan tata cara yang umum, misalnya untuk mengencagkan senar maka putaran yang dipakai adalah putaran ke arah kakan, dan untuk melonggarkan senar maka yang dipakai adalah putaran ke kiri.
  • Cara menyimpan gitar yang baik adalah: memasukkannya ke dalam softcase atau hardcase, letakkanlah beberapa butitr kapur barus di dalam hardcase atau softcase untuk mencegah hewan-hewan kecil yang dapat merusak untur kayu pada gitar,  

Hal-hal yang perlu dihindari dalam merawat gitar elektrik
  • Jangan membersihkan noda pada badan gitar dengan memakai cairan yang dapat merusak bagian pada gitar listrik seperti minyak esensial, 4lk0hol, terpentin, tiner, dan lain-lain.
  • jangan meletakkan gitar di lantai karena akan membuat gitar menjadi lembab yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada gitar, membuat bengkok stang gitar,  dan berubahnya suara gitar. 
  • jangan menggantung gitar di dinding tembok karena bila dinding tembok tersebut lembab dan berjamur maka gitar kita terkena jamur juga sehingga ada kemungkinan akan merusak lapisan terluar dari cat gitar yang kita miliki, lebih baik diletakkan saja pada dudukan yang khusus untuk mengimpan gitar(gitar stand)
  • Jangan membiarkan senar yang berkarat berlangsung lama pada gitar karena karat tersebut akan terkena pada bagian gitar yang lainnya.